your agriculture

Selasa, 30 November 2010

Ilmu Memupuk dan Pemupukan



Ilmu memupuk adalah ilmu yang bertujuan menyelidiki tentang zat-zat apakah yang diberikan kepada tanah sehubungan dengan kekurangan zat-zat tersebut yang terkandung di dalam tanah yang perlu guna pertumbuhan dan perkembangan tanaman dalam rangka produksinya agar tercapai hasil yang tinggi. Dalam pengertian “yang perlu diberikan” sudah tercakup perlakuan-perlakuan yang harus dilaksanakan terlebih dahulu sebelum zat-zat itu diberikan/ditambahkan ke dalam tanah. Perlakuan-perlakuan mana antara lain:
a. Berupa penyidikan tentang zat apa yang kurang, berapa besarnya kekurangan itu, bagaimana perbandingannya dan kapan waktu pemberiannya.
b. Berupa penyelidikan tentang pengaruh yang tidak langsung atau pengaruh apa yang akan timbul pada bagian-bagian atau sifat-sifat tanah serta tanaman-tanaman yang akan dibudidayakan sehubungan dengan pemberian/penambahan zat-zat tersebut ke dalam tanah.
Perlakuan-perlakuan tersebut merupakan bagian yang terpenting dalam ilmu memupuk. Sebab pemberian zat yang salah, pemberian yang berlebihan atau serba kurang dan pemberian zat yang tidak tepat pada waktunya tentu akan menimbulkan akibat-akibat yang fatal atau sangat menrugikan, seperti antara lain:
a. Kematian tananaman yang dibudidayakan
b. Timbulnya gejala-gejala penyakit tanaman yang baru
c. Kerusakan fisik tanah
d. Tidak ekonomis, dan lain-lain
Jadi menurut ilmu memupuk, pemberian atau penambahan zat-zat ke dalam tanah adalah tidak semudah seperti yang diperkirakan oleh kebanyakan orang (pemakai pupuk tersebut).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar