your agriculture

Selasa, 30 November 2010

Pengaruh Pemupukan dalam Menghambat Erosi



Erosi atau pengikisan tanah yang berlangsung di Indonesia pada umumnya berupa pengikisan tanah oleh “daya air”, misalnya karena kuatnya curahan air hujan yang menimpa permukaan tanah sedangkan fisik tanah permukaan dapat dikatakan dalam keadaan rusak atau tidak terpelihara baik (gundul, merupakan lahan kering, mempunyai kemiringan yang pengolahannya tidak memperhatikan garis kontur, tidak diteras, dan lain-lain). Ada pula yang disebut erosi angin pada musim kemarau, dengan menerbangkan debu dan buliran pasir. Jadi pada hakikatnya erosi akan sangat tergantung pada:
• Jenis tanah
• Kemiringan tanah
• Ada atau tidaknya penanaman dan jenis tanamannya
• Tinggi rendahnya curah hujan
• Pengolahan tanah
• Pemupukan
Dalam hal pengolahan lahan dan kegiatan penanamannya, banyak petani yang kurang atau tidak memperdulikan cara-cara yang baik atau semestinya yang dilakukan. Hal ini mungkin karena:
a. Faktor kebiasaan setempat,
b. Ketidaktahuan mereka mengenai kelas-kelas kesesuaian lahan
c. Atau karena tidak ada pilihan
Akibat banyak petani yang tetap mengolah tanah dan mengelola tanaman yang tidak sesuai dengan tanah dan tanaman peruntukannya untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. Dan perlakuan-perlakuan demikian inilah yang menyebabkan timbulnya percepatan erosi (accelerated erotion).
Untuk memperbaiki keadaan demikian, perlu diperbaikinya sistem pengolahan tanah dan pengelolaan tanamannya. Satu kegiatan diantaranya dengan pemupukan, yaitu pemberian pupuk dalam dosis yang tepat serta waktu yang tepat sehingga keseimbangan unsur hara /zat mineral dapat dipertahankan dalam tanah dan tersedia bagi tanaman, yang berarti tanah antar tanaman dalam waktu yang relatif singkat tertutup oleh tanaman. Dengan demikian baik daun-daun maupun akar-akarnya akan dapat mencegah pesatnya pengikisan tanah. Lebih-lebih kalau pengolahan tanahnya telah memanfaatkan teknologi atau cara-cara yang baik, pembuatan contour terasses, pembuangan air dengan mengadakan parit-parit penahan aliran dan lain sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar