your agriculture

Sabtu, 11 Desember 2010

Sejarah Mangga di Indonesia




Sejarah pohon mangga yang telah lama tumbuh di berbagai pulau di Indonesia ini, menurut perkiraan para ahli berasal dari daerah sekitar Bombay dan daerah di sekitar gunung Himalaya, kemudian dari daerah tersebut menyebar keluar daerah, diantaranya ada yang sampai di Amerika Latin, terutama Brasil, sebagian ke benua Afrika, juga negeri-negeri di kawasan Asia Tenggara, seperti Vietnam, kepulauan Filipina dan Pulau Jawa.
Di India, buah mangga kadang-kadang dijadikan makanan pokok jika terjadi musim paceklik atau kekurangan bahan makanan. Kebiasaan ini sudah berpuluh-puluh abad lalu, oleh sebab itu orang India gemar menanam pohon mangga. Bagi bangsa Hindu pohon mangga sering dianggap pohon suci, penjelmaan Prajapati yang menjadikan langit dan bumi. Cerita-cerita suci yang demikian merupakan bukti sejarah bahwa pohon mangga telah lama dibudidayakan dan dihargai orang.
Tidak semua pohon mangga yang tumbuh di kepulauan Indonesia memberikan hasil yang baik, akan tetapi yang bisa tumbuh baik hanya di beberapa daerah saja, misalnya pulau Jawa dan Madura. Menurut Terra (1932) jumlah pohon mangga (terhitung juga kuweni, kebembam, kemang, dan embacang) di seluruh pulau Jawa kira-kira 5 juta. Diantara sekian banyak ini kira-kira 2,5 juta pohon mangga yang sebenarnya (Magnifera indica). Namun pada saat ini, jumlah tersebut tinggal 30% - 40% saja. Hal ini disebabkan oleh menyempitnya ladang dan banyaknya pohon tua yang mati dan usaha untuk meremajakan kembali begitu lambat.

1 komentar:

  1. pohon mangga ialah pohon yang menghasilkan buah mangga, dimana buah mangga ialah produk penting dari hortikultura..
    untuk itu, perlu juga mengetahui sejarah pohon mangga..

    BalasHapus