your agriculture

Senin, 06 Desember 2010

Macam Pupuk Kandang

Jenis atau macam pupuk kandang sangat penting untuk diketahui. Sebab pemakaian pupuk atau perlakuan-perlakuan yang harus dilakukan sebelum pupuk dipakai, agar bermanfaat sebagai cara untuk mengembalikan unsur hara yang telah terangkut atau meningkatkan tersedianya unsut-unsur hara di dalam tanah guna keperluan pertumbuhan tanaman.
Dari kondisi pupuk kandang itu sendiri kita dapat membedakan :
a.Pupuk kandang segar, biasanya merupakan kotoran-kotoran hewan yang baru diturunkan oleh hewannya yang kadang-kadang tercampur pula oleh urine dan sisa-sisa makanan di kandang.
b.Pupuk kandang busuk, biasanya merupakan pupuk kandang seperti di atas yang telah disimpan atau digundukan pada suatu tempat sehingga telah mengalami pembusukan.
Dalam pemakaiannya, pupuk kandang yang telah busuk akan lebih cepat melapuk dalam tanah sehingga waktu pemakaiannya dapat dibedakan dengan pemakaian pupuk kandang yang masih segar.
Dari jenis yang menurunkan kotoran-kotoran tersebut dapat dibedakan pula macam pupuk kandang, seperti pupuk sapi, pupuk kerbau, pupuk kuda, pupuk ayam dan lain sebagainya. Sehingga kita dapat mengetahui mana pupuk kandang padat dan mana pula pupuk kandang cair, mana pupuk kandang panas dan mana pula pupuk kandang dingin.
Pupuk kandang, pupuk hijau, pupuk abu dan kompos telah dipakai oleh para petani kita sejak zaman dahulu (bersamaan dengan diketahui dan dikembangkannya pengetahuan bercocok tanman yang dikaitkan dengan gejala-gejala alam yang berkaitan dengan iklim dalam praktek sehari-hari yang dikenal dengan iklim dalam praktek sehari-hari yang dikenal dengan Pranata Mangsa). Hanya saja pada waktu dahulu pupuk kandang baru dikenal sebagai penambah bahan-bahan makanan bagi tanaman yang diusahakannya yang dapat diambil dari tanah.
Pupuk kandang memang dapat menambah tersedianya bahan makanan (unsur hara) bagi tanaman yang dapat diserapnya dari dalam tanah. Selain itu, pupuk kandang ternyata mempunyai pengaruh yang positif (baik) terhadap sifat fisik dan kimiawi tanah, mendorong kehidupan (perkembangan)jasad renik. Dengan perkataan lain : pupuk kandang mempunyai kemampuan mengubah berbagai faktor dalam tanah, sehingga menjadi faktor-faktor yang menjamin kesuburan tanah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar