your agriculture

Minggu, 26 Desember 2010

Akar pada Tanaman Dikotil




Tanaman dikotil berakar tunggang yang bercabang-cabang; dari cabang akar ini tumbuh cabang lagi kecil-kecil, cabang kecil ini ditumbuhi bulu-bulu akar yang sangat halus. Karena pengaruh gravitasi, akar tunggang tumbuh lurus ke bawah. Pertumbuhan cabang-cabang pada akar tunggang tadi membentuk sudut. Sedangkan pertumbuhan cabang yang kecil-kecil arahnya tidak menentu. Di samping itu arah akar dipengaruhi oleh keadaan tanah, lapisan batuan, celah-celah air dan sebagainya.
Kegunaan akar:
• Menguatkan tegaknya pohon atau tanaman.
• Menyerap zat-zat makanan dari dalam tanah.
• Alat pernapasan dalam tanah.
Cara mengambil zat-zat makanan dari dalam tanah adalah dengan bulu-bulu akar. Adapun prosesnya adalah sebagai konsentrasi larutan makanan dalam sel-sel bulu akar lebih tinggi daripada konsentrasi larutan dalam tanah. Oleh karena pengaruh osmose,maka masuklah larutan zat garam dari dalam tanah ke sel–sel bulu akar.
Tidak semua makanan dalam tanah itu diambil oleh bulu-bulu akar, hanya yag dibutuhkan oleh tanaman itu saja yang diambil. Jadi bulu-bulu akar ini dapat memilih makanan mana yang baik bagi kebutuhan tanaman.
Selain daripada itu bulu-bulu akar dapat pula menghancurkan makanan yang belum hancur. Dari dalam bulu akar dapat dikeluarkan semacam jenis asam yang dapat menghancurkan makanan tadi sehingga dapat dihisap oleh tanaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar