your agriculture

Senin, 10 Januari 2011

Manfaat Jeruk


Buah jeruk bukan hanya dinikmati rasanya yang segar saja, melainkan buah jeruk juga sebagai pelepas dahaga dan sebagai buah pencuci mulut. Ternyata buah jeruk juga memiliki khasiat ganda, yaitu di samping dapat diolah menjadi minuman atau makanan juga dapat dimanfaatkan untuk obat. Misalnya jeruk nipis untuk menurunkan demam, dengan cara mengompreskan cairan jeruk di kening orang menderita sakit. Air buah jeruk juga dapat dipakai untuk tetes mata penyembuh radang, setelah dicampur dengan air bersih. Jeruk nipis juga dapat diperas dan dicampur dengan air panas untuk dijadikan minuman segar.

Sehubungan dengan tingginya kadar vitamin C pada buah jeruk, maka buah jeruk dapat diolah menjadi tablet-tablet vitamin C atau dimakan langsung untuk menyembuhkan penyakit ging givatis (gusi berdarah) dan penyakit influensa. Air jeruk juga baik untuk pertumbuhan dan pembentukan tulang pada anak-anak, karena kadar phospor dan kapur cukup tinggi. Minum air jeruk sesudah makan pagi, akan menyehatkan badan memperkuat daya tahan kulit terhadap sengatan matahari. Di dalam negeri, pada umumnya buah jeruk dimakan satu per satu setelah dikupas, tetapi di luar negeri disajikan sebagai “juice”. Buah jeruk nipis di samping dapat dicampur dengan air teh panas, juga dapat dicampur sebagai penyedap sup atau soto ayam.

Tanaman jeruk nipis (pecel) ternyata bukan hanya buahnya saja yang bermanfaat, daunnya pun bermanfaat yakni dengan memotong daun jeruk tersebut lembut-lembut untuk ramuan penyedap kripik kacang (bhs jawa = rempeyek) dan keripik tempe, sup/gulai kambing dan lain sebagainya. Kulit buah jeruk sering digunakan oleh ibu-ibu rumah tangga untuk campuran sabun pencuci piring, untuk menghilangkan bau anyir pada permukaan piring.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar