your agriculture

Jumat, 29 Oktober 2010

Kiat Hidup Penuh Berkah

Bertaqwa kepada Allah SWT.

Allah berfirman, artinya, “Dan sekiranya penduduk negeri beriman dan bertaqwa, pasti kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi.” (QS. Al-A’raf : 96)

Allah juga berfirman, artinya, “ Barangsiapa bertaqwa kepada Allah, niscaya dia akan membukakan jalan keluar baginya. Dan Dia memberinya rizki dari arah yang tidak disangka-sangkanya.” (QS. Ath-thalaq : 2-3)

2. Membaca Al-Qur’an

Allah SWT berfirman, artinya, “Ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah, supaya mereka memperhatikan ayat-ayatnya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai pikiran.” (QS. Shaad : 29)

3. Berdoa

Nabi Saw senantiasa memohon berkah kepada Allah SWT dalam berbagai urusan.

4. Jujur dalam bermu’amalah

Rasulullah Saw bersabda, “Penjual dan pembeli masih memiliki hak memilih selama keduanya belum berpisah (dari tempat transaksi). Jika keduanya jujur dan terbuka (menjelaskan jika ada cacat / kekurangan), maka keduanya diberkahi dalam jual beli mereka dan jika keduanya menutup-nutupi dan berdusta, maka lenyaplah berkah jual beli mereka.” (HR. Al-Bukhari)

5. Menyelesaikan pekerjaan di waktu pagi

Rasulullah Saw bersabda, “Semoga Allah SWT memberkahi ummatku pada waktu pagi mereka.” (HR. Ahmad)

6. Mengikuti sunnah Rasul Saw dalam setiap urusan

Dari Jabir bin Abdullah r.a berkata, “Bahwa Rasulullah Saw memerintahkan agar menjilati jari-jemari dan piring dan beliau berkata, “Sesungguhnya kalian tidak mengetahui di bagian mana terdapat berkah dari makanan kalian.” (HR. Muslim)

  1. Kesungguhan dalam bertawakkal kepada Allah SWT.

Allah SWT berfirman, artinya,”Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan) nya.” (QS. Ath-thalaq : 3)

Rasulullah Saw juga bersabda, “Kalaulah kalian bertawakkal kepada Allah SWT dengan sebenar-benarnya tawakkal, niscaya Allah SWT memberikan rizqi kepada kalian sebagaimana Allah SWT memberikan rizqi kepada burung, keluar di pagi hari dalam keadaan lapar pulang dalam keadaan kenyang.” (HR. Ahmad)

8. Melakukan shalat istikharah dalam setiap urusan

Pasrah dan menerima apa yang telah Allah SWT tentukan, karena hal tersebut pasti lebih baik untuk dirinya di dunia ataupun akherat.

9. Tidak meminta-minta kepada orang lain

Rasulullah Saw bersabda, “Siapa saja yang memiliki kebutuhan, lalu ia melimpahkan kebutuhannya tersebut kepada orang lain, maka yang lebih pantas adalah tidak dimudahkan kebutuhannya dan barangsiapa yang memasrahkan kebutuhannya kepada Allah SWT niscaya Dia akan mendatangkan kepadanya rizqi dengan segera atau menunda kematiannya.” (HR. Ahmad)

10. Berinfaq dan bersedekah

Allah SWT berfirman, artinya, “Dan apa saja yang kamu infaqkan, niscaya Allah akan menggantinya dan Dialah Pemberi rezeki yang terbaik.” (QS Saba’ : 39)

Di dalam hadits qudsi disebutkan, Allah berfirman, “Wahai anak Adam berinfqlah, niscaya Aku akan menafkahimu.” (HR. Muslim)

11. Menjauhkan diri dari harta yang haram

Firman Allah SWT, artinya, “Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah.” (QS. Al-Baqarah : 276)

12. Bersyukur dan memuji Allah SWT atas segala pemberian dan nikmat-nikmat-Nya

Allah berfirman, artinya, “Jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu.” (QS. Ibrahim : 7)

13. Menunaikan shalat fardhu

Allah SWT berfirman, artinya, “Dan perintahkanlah kepada keluargamu mendirikann shalat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya. Kami tidak meminta rizqi kepadamu. Kamilah yang memberi rizqi kepadamu dan akibat (yang baik) itu adalah bagi orang yang bertaqwa.” (QS. Thaaha : 132)

14. Terus-menerus beristighfar (memohon ampun kepada Allah SWT)

Allah SWT berfirman, artinya, “Maka aku katakan kepada mereka, ‘Beristighfarlah (mohonlah ampun) kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untuk sungai-sungai.” (QS. Nuh : 10-12)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar